Minggu, 17 Januari 2016

Tugas 7: Ekonomi Koperasi

Koperasi di Indonesia dan Contoh Koperasi Sukses

Dari pengalaman gerakan koperasi di Indonesia terdapat proses liberalisasi perdagangan yang terjadi selama dua tahun. Proses liberalisasi perdagangan yang diikuti oleh rasionalisasi fasilitas koperasi memperlihatkan semakin intensifnya kontak dengan dunia luar seperti impor dan ekspor barang. Proses liberalisasi ini juga melakukan penghapusan tata niaga dan hambatan non-tarif secara bertahap. Dalam hal ini memberikan kesempatan bagi koperasi untuk belajar yang dimulai dengan AFTA.
            Koperasi memberlakukan AFTA pada tahun 2003 di Indonesia. AFTA merupakan tonggak penting untuk menentukan corak koperasi yang masih akan bertahan ke depan (Subandi 2007). Dalam hal ini yang dilihat adalah kontek daya saing produk yang dihasilkan para anggota koperasi. Kontek daya saing itu terletak pada persoalan kemampuan manajerial dalam proses pengelolaan koperasi di setiap lini.
            Fajri (2007) mengatakan bahwa koperasi perlu mengimplementasikan good corporate governace (GCG). Koperasi harus memastikan beberapa langkah strategis yang memadai. Langkah-langkah strategis itu dapat dilakukan dengan memastikan tujuan pendirian koperasi untuk mensejahterakan anggota, dan pembenahan kondisi internal koperasi. Beberapa langkah itu dapat diimplementasikan dengan partisipasi aktif dari para anggota koperasi untuk mencapai kesuksesan koperasi.
Selain itu, koperasi juga didukung oleh tiga kriteria untuk dapat dikatakan sukses. Ketiga kriteria itu meliputi organisasi permodalan yang cukup, memantapkan koperasi sebagai pilar ekonomi rakyat, dan terdapat usaha didalamnya. Dengan penerapan kriteria-kriteria tersebut menghasilkan beberapa koperasi sukses dalam menjalankan prinsip dan tujuan. Beberapa contoh koperasi sukses adalah koperasi simpan pinjam kusuma mulya, koperasi karyawan indosat (KOPINDOSAT), KPBS Pengalengan, dan koperasi serba usaha sejahtera bersama (KSU-SB).

Sumber:

Fajri. 2007. Manajemen Koperasi Indonesia. Jakarta: Rnieka Cipta.


Subandi. 2007. Ekonomi Koperasi (Teori dan Praktik). Bandung: Alfabeta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar