Rabu, 10 Oktober 2012

Tugas Makalah 01

TUGAS MAKALAH SOFTSKILL 1

_Rangkuman_

SISTEM PEMROSESAN FILE TRADISIONAL & BASIS DATA



Dahulu sebelum ada basis data, sistem pemrosesan file tradisional inilah yang digunakan dan diterapkan meskipun sistem ini masih ada tapi, kebanyakan orang-orang sekarang ini lebih memilih menggunakan basis data karena lebih efisien. Sistem pemrosesan file tradisional ini digunakan untuk mengatasi semua permasalahan bisnis dengan melakukan pengelolaan data secara tradisional yaitu dengan cara menyimpan record pada file-file yang terpisah seperti sebuah perusahaan memiliki 3 bagian (divisi) yaitu bagian kepegawaian, produksi, dan marketing dimana disetiap bagian tersebut terdapat file nama – nama pegawai. Jika, perusahaan tersebut menggunakan sistem pemrosesan file tradisional maka akan terjadi kesamaan pada nama-nama pegawai disetiap bagiannya karena yang dicopy pertama kali adalah data yang terdapat di bagian kepegawaian sehingga akan terjadi double data pada masing-masing divisi.  Selain itu, jika terjadi perubahan disalah satu bagian maka data di bagian lain tidak akan ikut berubah (tidak konsisten).
    Meskipun begitu sistem pemrosesan tradisional ini memiliki beberapa kebaikan yaitu setiap bagian memegang data/file dan jika ada file yang rusak, bagian yang lain masih dapat beroperasi. Namun, kejelekan dari sistem ini adalah adanya kerangkapan data (redudansi data), data – datanya tidak konsisten, program oriented, lalu keamanan data tidak terjamin dan data-datanya terisolasi. Untuk menentukan sistem apa yang akan digunakan dapat dilihat dari kemampuan dan kebutuhan perusahaan tersebut misalnya sebuah universitas yang akan mengelola data mahasiswa, jam kuliah, mata kuliah, dosen, dll. Sebuah universitas tersebut tidak mungkin menggunakan sistem tradisional ini dikarenakan jumlah mahasiswa yang banyak di setiap angkatannya begitupun dengan waktu kuliah, dosen, mata kuliah, dsb sehingga tidak akan efisien dan akurat. Dan pada akhirnya diperlukan sebuah basis data untuk mengelola data-data tersebut.
        Basis data merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data-data secara elektronik dimana didalamnya terdapat pengaturan data sehingga mempermudah dalam proses pencarian data tersebut. Basis data sangat diperlukan agar informasi yang disajikan bisa lebih akurat, tepat waktu dan relevan. Didalam sebuah basis data diperlukan sebuah aplikasi/software yang bertugas untuk mengatur sebuah data yang disebut dengan DBMS ( Data Base Management System ) seperti Microsoft SQL server, Oracle, Sybase, Interbase, Xbase,  MySQL, Ms. Access, dBase III, FoxPro, Visual FoxPro, dll.  
Disamping ini merupakan simbol gambar basis data di komputer dimana data-data tersebut disusun,  diatur, dipilih, dan dikelompokkan. Keuntungan menggunakan basis data adalah mengurangi redudansi data, data yang tersimpan bersifat konsisten, data oriented, keamanan data lebih terjamin,  dan data dapat dishared.  Namun, basis data juga memiliki kelemahan  dimana jika file rusak, semua bagian tidak dapat beroperasi, selain itu juga membutuhkan storage yang besar lalu memerlukan tenaga spesialis untuk mengelola sistem tersebut ditambah lagi dengan biaya yang mahal. 

        Didalam basis data ini terdapat beberapa istilah-istilah:
  • Entitas
Merupakan objek pada sebuah lingkungan yang dapat dibedakan.
c/: di perpustakaan objeknya anggota, lemari buku, dll.
      di supermarket objeknya produk, supplier, karyawan, dll.
      di gunadarma objeknya OB, satpam, dosen, mahasiswa.

  •  Atribute
Merupakan ciri-ciri yang melekat dari entitas tersebut.
c/: entitas dari mahasiswa adalah NPM, alamat, nama, hobi yang merupakan   
      atributenya.
                                                          
  • Nilai Data ( Data Value )
Merupakan isi dari atribute
c/: atribute npmnya adalah 423678, 897657 yang merupakan nilai data dari 
      entitas mahasiswa





  • Kunci Elemen Data
Merupakan atribut unik yang bisa membedakan record/baris
 (tanda pengenal).
c/: didalam KTP terdapat no. penduduk, nama, alamat, dll. Yang menjadi kunci 
      elemen datanya adalah no. penduduk karena tidak akan sama dengan no 
      penduduk yang lainnya (data unik/pembeda). 

  •  Record
Merupakan kumpulan data yang saling terhubung.
c/: terdapat kolom nama, npm, kelas yang berisi 
      NANA, 42211783, 2DA03
      TATA, 42212766,2EB18 yang merupakan recordnya.
 

Sumber: Catatan dari dosen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar