Senin, 07 April 2014

Tugas aklan 2

LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI

            Laporan Keuangan Konsolidasi adalah laporan yang berisi mengenai posisi keuangan dan hasil operasi untuk induk perusahaan dan anak perusahaan. Tujuan penyusunan laporan keuangan konsolidasi, yaitu untuk memberikan gambaran secara obyektif mengenai keseluruhan posisi dan aktivitas kedua perusahaan sehingga tidak boleh menyesatkan bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
            Manfaat penyusunan laporan keuangan konsolidasi adalah dapat memberikan informasi terkini bagi manajemen induk perusahaan, dan memberikan gambaran yang jelas tentang keseluruhan  sumber daya perusahaan kepada para pemegang saham, kreditor, dll.
            Perbedaan antara harga perolehan dengan nilai buku saham dapat dilaporkan di neraca konsolidasi sebagai KHPDNB jika harga perolehan lebih besar dari nilai buku sehingga dicatat / diakui sebagai GOODWILL (D) sedangkan KNBDHP terjadi jika nilai buku lebih besar dari harga perolehannya sehingga perusahaan induk mencatat sebagai kerugian (K).
            Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi, yaitu:
1.    Metode Ekuitas Tidak Lengkap
2.    Metode Ekuitas
            Prosedur penyusunan laporan keuangan konsolidasi, yaitu :
1.    Melakukan eliminasi rekening yang bersifat timbal balik.
2.    Menyusun kertas kerja


Tidak ada komentar:

Posting Komentar