LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI
Laporan
Keuangan Konsolidasi adalah laporan yang berisi
mengenai posisi keuangan dan hasil operasi untuk induk
perusahaan dan anak perusahaan. Tujuan
penyusunan laporan keuangan konsolidasi, yaitu untuk memberikan gambaran secara obyektif mengenai keseluruhan posisi dan
aktivitas kedua
perusahaan sehingga
tidak boleh menyesatkan bagi pihak-pihak
yang berkepentingan.
Manfaat
penyusunan laporan keuangan konsolidasi adalah dapat
memberikan informasi terkini bagi manajemen induk perusahaan, dan memberikan gambaran yang
jelas tentang keseluruhan sumber daya perusahaan kepada para pemegang
saham, kreditor, dll.
Perbedaan
antara harga perolehan dengan nilai buku saham dapat dilaporkan di neraca
konsolidasi sebagai KHPDNB jika harga
perolehan lebih besar dari nilai buku sehingga dicatat / diakui sebagai GOODWILL (D) sedangkan KNBDHP terjadi jika nilai buku lebih besar dari harga perolehannya sehingga perusahaan induk mencatat sebagai kerugian
(K).
Metode
yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi, yaitu:
1. Metode
Ekuitas Tidak Lengkap
2. Metode
Ekuitas
Prosedur
penyusunan laporan keuangan konsolidasi, yaitu :
1. Melakukan eliminasi rekening yang bersifat timbal balik.
2. Menyusun kertas kerja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar