Kamis, 06 Maret 2014

KEUANGAN INDONESIA


          Pasar keuangan Indonesia telah mengalami pemulihan yang mencengangkan dari kondisi Krismon pada akhir tahun 1990-an. Kebijakan fiskal yang bijaksana dan fundamental ekonomi yang kuat berhasil membentuk pertumbuhan yang kokoh selama beberapa tahun terakhir. Proyeksi pertumbuhan ekonomi dalam beberapa tahun ke depan tampaknya lebih menjanjikan lagi dengan pertumbuhan PDB yang minimal 6.0 persen di tahun-tahun mendatang. Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dapat dianggap sebagai indikator utama kinerja pasar keuangan telah mengalami pertumbuhan yang substansial dari tahun 1999 hingga kini. BEI mengalami rekor terendah pada tahun 1998 di tengah krisis ekonomi, tetapi berbalik arah dan mencapai rekor tertinggi pada tahun 2013. Pada tahun 2010 BEI merupakan indeks dengan kinerja terbaik di kawasan Asia Pasifik dengan peningkatan sebesar 44 persen. Kini Indonesia semakin mendapatkan kepercayaan lembaga pemeringkat kredit internasional. Pada akhir tahun 2011 Fitch Ratings adalah yang pertama dari lembaga-lembaga tersebut yang mengembalikan status investasi (investment grade status) kepada Indonesia setelah terputus selama 14 tahun. Pada bulan Januari 2012 Moody’s Investors Service mengikuti langkah ini mendasarkan kinerja ekonomi Indonesia yang tangguh. Diasumsikan bahwa langkah-langkah ini akan memicu aliran modal masuk yang lebih besar untuk sejumlah produk keuangan yang terbatas untuk diinvestasikan di negara investment grade saja.
          Namun hal yang terpenting bahwa ekspansi itu akan disertai dengan pendalaman pasar modal Indonesia. Saat ini pasar-pasar modal di Indonesia lebih kecil dan kurang likuid dibandingkan negara ASEAN lain dan negara berkembang lain. Ini disebabkan oleh kerendahan penggunaan pasar modal untuk membiayai investasi dan keterbatasan intermediasi oleh lembaga keuangan yang non-bank (hedging dan fasilitas asuransi yang kurang memadai). Pasar efek dan pasar ekuitas hingga kini (relatif) kurang dikembangkan dan kapitalisasi pasar perusahaan-perusahaan yang terdaftar di BEI lebih rendah dibandingkan negara-negara lain di Asia Tenggara. Sisi positif dari situasi ini adalah bahwa Indonesia masih memiliki ruang yang cukup luas untuk tumbuh. Bagian ini terfokus pada pasar-pasar keuangan Indonesia dan bertujuan memberikan wawasan dalam struktur pasar. Selain itu, bagian ini juga berisikan informasi yang memadai mengenai cara berpartisipasi di pasar keuangan Indonesia.

Kolom Keuangan
Kolom Keuangan memberikan analisis mengenai topik yang terkait dengan pasar keuangan Indonesia. Bagian ini bertujuan untuk menginformasikan kepada pembaca supaya memperoleh pengertian yang akurat dan menyeluruh mengenai struktur pasar keuangan Indonesia. Kolom ini ditulis oleh tim yang terdiri dari ekonom yang bekerja di lembaga otoritatif dan memiliki keahlian dan pengalaman untuk memberikan penjelasan yang mendalam mengenai keuangan yang memiliki nilai berita tinggi.

Berita Bursa Efek Indonesia
Berita Bursa Efek Indonesia (BEI) berisikan analisis harian mengenai kinerja bursa saham Indonesia. Bagian ini memberikan wawasan mengenai gerakan dan tren indeks tersebut selama satu minggu terakhir dan menganalisis peranan pemain dan faktor utama di belakang pergerakan BEI. Indeks BEI merupakan indikator utama kinerja pasar keuangan Indonesia, maka pemahaman dari indikator ini menjadi suatu hal yang penting.

Saham & Obligasi
Bagian ini berisikan informasi terlengkap yang diperlukan bagi investor asing yang tertarik dengan membeli saham dan obligasi Indonesia. Pada tahun 2010, indeks BEI adalah indeks dengan kinerja terbaik di wilayah Asia- Pasifik seiring dengan pembelian jumlah besar saham oleh pihak asing. Kepemilikan asing atas obligasi pemerintah Indonesia serta Bank Indonesia juga telah menunjukkan kenaikan yang tajam. Seiring dengan meningkatnya peringkat kredit Indonesia akhir-akhir ini,pasar keuangan ini diharapkan akan semakin luas di 2013 dan tahun-tahun selanjutnya.

Sistem Pajak
Dinas pajak Indonesia bukan bidang pemerintahan yang paling efektif dan bersih. Sangat disarankan untuk memiliki pemahaman yang komprehensif dari sistem pajak Indonesia untuk menghindari konflik dengan departemen pajak. Konflik tersebut dapat memiliki konsekuensi berat terhadap bisnis atau terhadap situasi pribadi Anda. Bagian ini akan menginformasikan tentang pajak penghasilan (badan maupun individu) serta insentif pajak dan perjanjian pajak internasional.

Angka Ekonomi Makro
Bagian Angka Ekonomi Makro ini menginformasikan tentang beberapa indikator ekonomi dan statistik sosial penting (misalnya inflasi, produk domestik bruto dan pengangguran), yang memberikan wawasan mengenai keadaan ekonomi Indonesia saat ini. Sebuah analisis dari data-data statistik tersebut dapat menunjukkan tren ekonomi tertentu - baik jangka panjang maupun jangka pendek - dan merupakan cara untuk menilai kondisi masa depan ekonomi Indonesia.

Kontak
Bagian ini berisikan rincian kontak dari lembaga yang dapat memberikan informasi dan bantuan lebih lanjut menyangkut pasar keuangan Indonesia. Jika lembaga tertentu yang Anda cari tidak tercantum di sini, Anda dapat menghubungi kami untuk informasi yang lebih lanjut.

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar