Kamis, 21 November 2013

TULISAN 01

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT

            Sistem informasi manajemen rumah sakit merupakan sebuah sistem mesin pemakai yang terintegrasi yang menyediakan informasi untuk menunjang operasi manajemen dan fungsi-fungsi pengambilan keputusan di dalam sebuah organisasi. Sistem tersebut memanfaatkan perangkat keras dan lunak komputer, dan prosedur-prosedur manual; model-model untuk analisis, perencanaan, pengawasan, dan pengambilan keputusan; dan suatu “database”. Seiring akan kebutuhan informasi dimasa sekarang ini yang dituntut lebih fleksibel dimana dapat di akses oleh orang yang memerlukan informasi tersebut sehingga informasi yang di berikan dapat cepat tersampaikan maka dibutuhkan sistem informasi manajemen yang memadai.
            Sistem informasi manajemen adalah sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen. Sistem informasi manajemen Rumah Sakit adalah sebuah sistem komputerisasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi , pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan tepat. sistem informasi rumah sakit umumnya mencakup masalah klinikas ( Media ), Pasien dan informasi-informasi yang berkaitan dengan kegiatan rumah sakit itu sendiri. Tujuan sistem informasi rumah sakit sendiri adalah:

·         Lebih meningkatkan pelayanan rumah sakit.
·         Agar data-data yang ada dalam rumah sakit tersusun rapi.
·         Kemudahan dalam pencarian data obat, pasien dll yang berhubungan dengan rumah sakit.
·         Meningkatkan citra pelayanan rumah sakit.

Input :
Berbagai pelayanan administratif dan pelaporan yang akan secara otomatis tersimpan di dalam database dalam suatu susunan sistem pengarsipan.
·         Pasien
·         Sarana, prasana
·         Dokter
·         Peralatan

Output:
·         Sistem penomoran pelaporan secara otomatis
·         Rincian pelaporan yang sudah disesuaikan dengan berbagai jenis kegiatan di dalam rumah sakit
·         kepuasan pasien
·         Dapat berupa saran

Mekanisme Kontrol:
·         Mendukung pengendalian mutu pelayanan medis, penilaian produktivitas, analisis , pemanfaatan dan perkiraan kebutuhan, perencanaan dan evaluasi program, menyederhanakan pelayanan,
·         Penilaian klinis ,sistem ini berguna untuk menunjang proses fungsi fungsi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam memberikan pelayanan kesehatan di rumah sakit,

Lingkungan:
Dalam lingkungan rumah sakit terdiri pasien ,dokter , apoteker, suster ,serta orang-orang yang bekerja di lingkungan rumah sakit itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar