Rabu, 09 November 2011

tugas pratikum akuntansi komputer

SOAL dan JAWABAN

1.         Soal     : Jelaskan pengertian Akuntansi menurut pendapat masing-masing!
            Jawab :

 Akuntansi adalah suatu proses pencatatan serta penganalisaan transaksi- transaksi yang terjadi dalam suatu periode tertentu sehingga dapat dilaporkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

2.         Soal     : Sebutkan dan jelaskan minimal 3 software akuntansi yang dipakai di                           perusahaan!
            Jawab :

1. MYOB ACCOUNTING
            Myob (mind your own business) Accounting adalah  software olah data akuntansi  secara terpadu yang digunakan untuk mengotomatisasikan pembukuan secara cepat, tepat, dan akurat. Di dalam myob accounting, proses pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media/ fitur/ modul yang terdapat di dalam command centre lalu program myob akan memproses secara otomatis & cepat ke dalam seluruh catatan akuntansi & berakhir dengan laporan keuangan. Myob accounting dapat digunakan untuk berbagai jenis perusahaan baik di bidang jasa, dagang, industry, dll. Myob menyediakan fitur-fitur dimana user tinggal mengikuti alur proses yang ada di dalamnya. Namun, software ini memiliki kekurangan yaitu tidak tersedianya sistem perpajakan yang berlaku di Indonesia karena software ini dibuat atas dasar kondisi bisnis di negara asalnya.
2. DAC EASY ACCOUNTING
            Dac easy accounting merupakan software yang secara aplikatifnya bisa memenuhi kebutuhan untuk UKM dimana didalamnya terdapat fitur  pengelolaan pelanggan. Software ini dapat mengcover sebuah transaksi dengan volume yang besar. Pengoperasiannya pun cukup mudah dipahami. Namun, software ini memiliki kekurangsan dimana sistem perpajakannya belum tersedia sehingga membuatnya kurang favorite di berbagai jenis perusahaan.
3. ACCURATE
            Accurate merupakan software lokal yang dirancang untuk usaha kecil dan menengah. Software ini juga  di fasilitasi dengan fitur-fitur  penting seperti mencatat transaksi dalam berbagai mata uang (multi currency), multi sales tax, multi user, multi company, multi level discount, multi unit, dan multi warehouse, serta dapat mengonsolidasikan laporan keuangan dari beberapa anak perusahaan. Dalam hal kepentingan perpajakan, Accurate telah menyediakan fitur Pajak Penjualan (PPn) yang berlaku di Indonesia. Standar akuntansi yang digunakan pun sudah sesuai dengan standar akuntansi yang ada di Indonesia, terkait pencatatan dan pelaporan keuangannya.Nilai transaksi yang dapat dicover software ini bisa mencapai 15 digit atau setara dengan 920 triliun.
                       
3.         Soal     : Sebutkan kelebihan dan kelemahan DEA!
            Jawab
Kelebihan
  1. User Friendly (mudah digunakan)
  2. Dalam pengoperasian, software aplikasi akuntansi ini hanya menggunakan keyboard saja sehingga lebih mudah dalam proses penginputan data perusahaan tersebut.
  3. Dengan software ini transaksi dengan volume yang besar pun bisa tercover.
Kelemahan :  
  1. Tampilan awal yang kurang menarik dibanding dengan software akuntansi lainnya.
  2. Tidak tersedianya fitur sistem perpajakan di didalamnya.
  3.  Masalah harga dari Dac Easy Accounting ini akan membuat software ini tidak menjadi pilihan favorite untuk bisnis UKM,  karena masih terbilang mahal 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar