Jumat, 14 Juni 2013

TUGAS 03


TUGAS KWHKU 03
1. Perencanaan usaha baru:
a) Pengertian perencanaan, unsur-unsur perencanaan, dan alasan utama diperlukan perencanaan?
Jawab:
· Perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi.
· Unsur perencanaan
* Rencana pemasaran
* Rencana produksi
* Rencana keuangan
* Rencana SDM dan organisasi
* Analisa resiko dan hasil
* Batasan waktu
· Alasan
Perencanaan diperlukan karena berperan besar dalam menekan resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan perencanaan, kita dapat memprediksi hal-hal tidak diinginkan yang mungkin akan terjadi di masa depan dan melakukan tindakan antisipasi semenjak dini sehingga perencanaan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam menunjang pengambilan keputusan, terutama pada saat kritis dimana keputusan cepat akan berakibat sangat fatal untuk perkembangan organisasi kegiatan di kemudian hari.

b) Sebutkan beberapa manfaat, tipe, dan klasifikasi perencanaan?
Jawab:
· Manfaat
* Dapat mendekati asumsi kebenaran
* Membandingkan hasil dengan rencana
* Alat komunikasi untuk meyakinkan pihak lain
* Wirausaha dapat berfikir kritis dan objektif
* Membantu manajemen menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.
* Membantu dalam kristalisasi persesuaian masalah utama.
* Memahami keseluruhan gambaran operasi lebih jelas.
* Membantu penempatan tanggung jawab lebih cepat.
* Memberikan cara pemberian perintah untuk beroperasi.
* Memudahkan dalam koordinasi di antara berbagai bagian organisasi.
· Tipe
* Rencana Strategik merupakan rencana yang dirancang untuk memenuhi tujuan organisasi yang luas, mengimplementasikan misi yang memberikan alasan khas keberadaan organisasi.
* Rencana Operasional merupakan penguraian rinci bagaimana rencana strategik dapat dicapai.Rencana operasional mempunyai dua tipe, yaitu:
§ Rencana sekali pakai (single use plane), rencana ini dikembangkan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu dan tidak digunakan lagi bila telah mencapai tujuannya.
§ Rencana tetap merupakan pendekatan-pendekatan standar untuk menangani situasi yang dapat diperkirakan dan terjadi berulang-ulang
· Klasifikasi perencanaan
* Bidang fungsional, mencakup rencana produksi, rencana pemasaran, rencana keuangan dan rencana personalia. Setiap faktor memerlukan tipe rencana yang berbeda
* Tingkatan organisasional, ini termasuk keseluruhan organisasi atau satuan-satuan kerja.
* Karakteristik (sifat rencana), ini meliputi faktor kompleksitas, fleksibilitas, keformalan, kerahasiaan, biaya, rasionalitas, kuantitas dan kualitas.
* Waktu, menyangkut rencana jangka pendek, rencana jangka menengah, dan rencana jangka panjang.
* Unsur-unsur rencana, ini dalam wujud anggaran, program, prosedur, kebijaksanaan peraturan dan sebagainya.

2. Penempatan SDM dalam organisasi kewirausahaan:
a) Sebutkan sumber-sumber tenaga kerja dan bagaimana tahapan proses seleksi?
Jawab:
· Sumber-sumber TK
* Sumber Intern, terdapat tiga sumber penawaran intern, yaitu :
§ Penataran (Upgrading) yaitu dengan mendidik dan memberi latihan.
§ Pemindahan (transferring) yaitu posisi yang kurang disenangi ke posisi lain yang lebih memuaskan kebutuhan.
§ Pengangkatan (promoting) yaitu pengangkatan ke jabatan yang lebih tinggi lagi.

* Sumber Ekstern dalam penawaran tenaga kerja dapat diperoleh antara lain dari lamaran pribadi yang masuk, organisasi karyawan, kantor penempatan tenaga kerja, sekolah-sekolah, para pesaing, imigrasi dan migrasi.
· Tahapan proses seleksi
* Perekrutan
* Seleksi
* Penempatan
* Orientasi
* Pelatihan dan pengembangan
* Penilaian prestasi kerja
* Kompensasi

b) Bagaimana latihan dan pengembangan serta tehnik yang dilakukan untuk karyawan lama dan baru?
Jawab:
Pengembangan dan pelatihan mempunyai kesamaan dalam metode yang digunakan dalam pembelajaran, namun dalam beberapa hal dapat dibedakan diantaranya sebagai berikut
a. Pengembangan karyawan lebih berorientasi kepada masa depan dan lebih peduli terhadap pendidikan, yaitu terhadap peningkatan kemampuan seseorang untuk memahami dan menginterprestasi pengetahuan bukan mengajarkan ketrampilan teknis. Dengan demikian pengembangan lebih kepada pertumbuhan kepribadian karyawan, bukan kepada peningkatan kemampuan teknis.
b. Sedangkan pelatihan lebih berorientasi pada pekerjaan saat ini, fokusnya kepada pekerjaan seseorang saat ini ditujukan untuk meningkatan ketrampilan-ketrampilan tertentu dan kemampuan untuk dapat melaksanakan pekerjaannya dengan segera mungkin.

* Program pelatihan berusaha mengajarkan trainee bagaimana melaksanakan aktivitas atau pekerjaan tertentu, misalnya bagaimana cara menggunakan komputer untuk menginput order masuknya suatu barang dan sebagainya. Pelatihan terdiri dari program-program yang dirancang untuk meningkatkan kinerja pada level individu, kelompok atau organisasi. Kinerja yang meningkat, pada gilirannya menyiratkan perubahan yang dapat diukur dalam pengetahuan, keahlian, sikap dan perilaku sosial. Pelatihan juga harus meningkatkan efektivitas karyawan, meningkatkan kepuasan karyawan, memenuhi program kesempatan kerja yang sama dan menghindari keusangan (obsolescence) karyawan.

* Pengembangan yang dapat dilakukan seperti:
^ Pengembangan secara informal
Pengembangan secara informal yaitu pegawai atas keinginan dan usaha sendiri melatih dan mengembangkan dirinya dengan mempelajari buku-buku literatur yang ada hubungannya dengan pekerjaan atau jabatannya. Hal ini bermanfaat bagi perusahaan karena prestasi kerja pegawai semakin besar, disamping efesiensi dan produktivitasnya juga semakin baik.

· ^ Pengembangan secara formal
Pengembangan secara formal yaitu pegawai ditugaskan oleh perusahaannya untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan, baik yang dilakukan oleh perusahaan maupun yang dilaksanakan oleh lembaga-lembaga pendidikan atau pelatihan. Pengembangan secara formal dilakukan perusahaan karena tuntutan pekerjaan saat ini ataupun masa datang, yang sifatnya nonkarier atau karier seorang pegawai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar