Rabu, 04 Januari 2012

Tugas Artikel Pengantar Komputer 1C

PEMANFAATAN TEKNOLOGI DI RUMAH

TEKNOLOGI BAGIKU

  Teknologi menurutku sangatlah penting dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia dimana dengan adanya teknologi, manusia dapat dengan mudah memperoleh informasi baik dari dalam negri maupun luar negri bahkan dengan adanya teknologi yang semakin lama semakin maju juga manusia dituntut untuk menguasai perkembangan teknologi yang ada supaya manusia dapat lebih cerdas serta wawasannya lebih luas.
  Teknologi yang sering sekali saya pergunakan di rumah adalah laptop. Laptop hampir sama fungsinya dengan komputer dimana saya bisa menginput, memproses, dan menghasilkan output. Alat tersebut sangat saya butuhkan karena tanpa adanya alat ini, saya tidak akan bisa menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan secara efektif & efisien. Selain itu juga, alat ini membuat saya menjadi terhibur karena dengan alat ini, saya bisa menonton telivisi dengan menyambungkan sebuah alat ke dalam laptop lalu saya juga bisa browsing sepuasnya seperti mencari informasi mengenai lowongan kerja maupun tentang perkuliahan sampai berita-berita terbaru yang bisa menambah wawasan, mendownload lagu dan video atau referensi, dan memudahkan kita dalam berinteraksi dengan teman mulai dari memperoleh teman baru sampai dengan teman lama sekalipun melalui dunia cyber.                                              
Bahkan dengan adanya laptop, saya bisa mendengarkan musik, mengambil foto, dan merekam atau mengupload suara, video dan tugas-tugas ke berbagai lokasi. Dengan alat yang multitasking ini, semua aktivitas bisa saya lakukan bahkan terselesaikan dalam saat itu juga. Namun, untuk menjelajah itu semua laptop harus dibantu dengan modem. Tanpa modem laptop hanya bekerja secara standard saja tidak lebih. Hal itu yang terkadang membuat saya menjadi ribet dimana modem harus diisi pulsa baru bisa mengeksplore dimana harga pulsa modem lumayan mahal. Misalnya jika saya sedang mengerjakan tugas dan harus mengupload tugas tersebut dan tiba-tiba pulsa modem habis sehingga saya harus mengisinya terlebih dahulu atau saya pergi ke warnet untuk sementara waktu atau sebaliknya modem loadingnya lama sedangkan tugas harus dikirim secepatnya. Hal tersebutlah yang kadang-kadang menghambat kecepatan dalam penyelesaian tugas. Itulah yang membuat laptop terkadang menjadi tidak spesial lagi di kalangan masyarakat saat ini.
  Tapi, dibalik itu semua terkadang membawa laptop membuat seseorang merasa khawatir sehingga karena urusan tugas dan pekerjaan, seseorang rela berat-berat membawanya ke kampus atau kantor. Laptop sering sekali membuat seseorang menjadi lupa waktu sehingga kegiatan lain menjadi terabaikan. Namun, itu semua kembali lagi kepada para pengguna seandainya pengguna bisa mengatur waktu maka kegiatan lain tidak akan terabaikan karena kita yang mengatur waktu bukan waktu yang mengatur kita.
  Tujuan teknologi diciptakan adalah untuk hal yang positif bukan yang negatif dan kemajuan teknologi seharusnya dinilai positif oleh masyarakat karena teknologi sangat berjasa di dalam kehidupan manusia. Tanpa adanya teknologi, kita sebagai manusia tidak berarti apa-apa bahkan kehidupan yang ada di dunia ini semakin terpuruk dan wawasan manusia hanya sedikit tidak luas.
  Meskipun teknologi diciptakan oleh manusia, namun terkadang manusia kalah unggul dengan teknologi yang mereka buat. Mulai dari kecepatan, ketepatan, daya tahan memproses, kemampuan mengingat dan kemampuan mengikuti perintah, teknologi termasuk cepat, tepat, dan baik berbeda jika dimasukkan ke dalam kemampuan yang dimiliki manusia. Tapi, manusia memiliki keunggulan yang sangat baik di dalam hal kemampuan berinisiatif, beradaptasi serta manusia mempunyai perasaan dalam membuat pertimbangan dan peramalan.
  Jadi, sebenarnya penggunaan teknologi tidak seluruhnya menggantikan fungsi kerja dari manusia, tetapi hanya sebagai alat bantu manusia dalam memperoleh serta menyelesaikan sesuatu karena peran penting dari teknologi adalah meningkatkan kemampuan manusia sehingga manusia harus mampu mengikuti perkembangan teknologi tersebut.
 
 
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar