1.
Apa yang anda ketahui
tentang kewirausahaan, karakteristik dari seorang wirausaha?
Jawab:
·
Kewirausahaan
adalah proses penciptaan sesuatu yang berbeda nilainya yang dilakukan secara perorangan
maupun sekelompok orang yang memiliki kemampuan dalam memanfaatkan situasi yang
menguntungkan bagi dirinya atau kelompoknya untuk meraih peluang yang terdapat
di sekitarnya.
·
Karakteristik:
a) Naluri
bisnis sangat tajam
b) Cepat
melihat peluang
c) Bekerja
Keras
d) Percaya
diri
e) Pemikiran
yang kreatif
f) Ulet
dan siap pada tantangan
g) Pengendalian
diri
h) Memperhatikan
kualitas usahanya
i) Bertanggung
jawab
j) Optimis
k) Mampu
mengorganisasikan
l) Pemilik
objektif
2.
Sumber gagasan untuk usaha
baru dari faktor internal dan eksternal?
Jawab:
·
Internal:
a) Hobi
b) Penemuan
dari persepsi kebutuhan yang ingin dipenuhi
c) Pengalaman
Pribadi
d) Keterampilan
e) Imajinasi
yang unik
·
Eksternal:
a) Pengamatan
kekurangan dan pemanfaatan produk lain
b) Selera
Konsumen
c) Perusahaan
yang sudah ada
d) Media
Cetak
e) Media
Elektronik
f) Tempat
Umum
3.
Apa yang anda ketahui
tentang hak guna paten (franchising) serta keuntungan dan kelemahannya?
Jawab:
·
Hak
Guna Paten (franchising) adalah persetujuan dimana
perusahaan atau distributor tunggal dari produk yang mempunyai merek dagang
memberikan hak eksklusif kepada perusahaan, distributor atau pengecer
independen dengan imbalan pembayaran royalti dan menyesuaikan diri degan
prosedur operasi standar
·
Keuntungan:
a) Wirausahawan
tidak perlu pusing dengan hal yang berkaitan memulai usaha baru karena pemberi
hak guna paten akan memberikan rencana operasi bisnis dengan arah yang jelas.
b) Percepatan
perluasan usaha dengan modal yang relatif rendah
c) Pihak
franchisor memiliki akses pada permodalan dan berbagi biaya dengan franchisee
dengan resiko yang relatif lebih rendah.
d) Pihak
franchisee mendapat kesempatan untuk memasuki sebuah bisnis dengan cara cepat
dan biaya lebih rendah dengan produk atau jasa yang telah teruji dan terbukti
kredibilitas mereknya.
e) Franchisee
secara berkala menerima bantuan manajerial dalam hal pemilihan lokasi bisnis,
desain fasilitas, prosedur operasi, pembelian, dan pemasaran.
f) Efisiensi
dalam meraih target pasar melalui promosi bersama
g) Terbentuknya
kekuatan ekonomi dalam jaringan distribusi
h) Menggantikan
kebutuhan personel Franchisor dengan para operator milik Franchisee (slim
organization)
i) Pemilik
outlet bermotivasi tinggi karena menyangkut pengembalian investasi dan
keuntungan usaha
·
Kelemahan:
a) Perlu
perubahan paradigma (paradigma shift) atas materi yang dijual
b) Untuk
membentuk sistem yang baku, perlu adanya proses yang lebih birokratis
c) Sistem
franchise tidak memberikan kebebasan penuh kepada franchisee karena franchisee
terikat perjanjian dan harus mengikuti sistem dan metode yang telah dibuat oleh
franchisor.
d) Sistem
franchise bukan jaminan akan keberhasilan menggunakan merek terkenal bila tidak
diimbangi dengan kecermatan dan kehati-hatian franchisee dalam memilih usaha
dan mempunyai komitmen dan harus bekerja keras serta tekun.
e) Franchisee
harus bisa bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik dalam hubungannya dengan
franchisor.
f) Tidak
semua janji franchisor diterima oleh franchisee.
g) Masih
adanya ketidakamanan dalam suatu franchise karena franchisor dapat memutuskan
atau tidak memperbaharui perjanjian.
h) Kedudukan
dalam perjanjian dimana franchisee/cabang seakan lebih rendah posisinya.
i) Saling
ketergantungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar