Jumat, 08 Maret 2013

TUGAS 01 SOFTSKILL KWH


1.    Apa yang anda ketahui tentang kewirausahaan, karakteristik dari seorang wirausaha?
Jawab:
·         Kewirausahaan adalah proses penciptaan sesuatu yang berbeda nilainya yang dilakukan secara perorangan maupun sekelompok orang yang memiliki kemampuan dalam memanfaatkan situasi yang menguntungkan bagi dirinya atau kelompoknya untuk meraih peluang yang terdapat di sekitarnya.

·         Karakteristik:
a)    Naluri bisnis sangat tajam
b)    Cepat melihat peluang
c)    Bekerja Keras
d)    Percaya diri
e)    Pemikiran yang kreatif
f)     Ulet dan siap pada tantangan
g)    Pengendalian diri
h)   Memperhatikan kualitas usahanya
i)     Bertanggung jawab
j)     Optimis
k)    Mampu mengorganisasikan
l)     Pemilik objektif

2.    Sumber gagasan untuk usaha baru dari faktor internal dan eksternal?
Jawab:
·         Internal:
a)    Hobi
b)    Penemuan dari persepsi kebutuhan yang ingin dipenuhi
c)    Pengalaman Pribadi
d)    Keterampilan
e)    Imajinasi yang unik

·         Eksternal:
a)    Pengamatan kekurangan dan pemanfaatan produk lain
b)    Selera Konsumen
c)    Perusahaan yang sudah ada
d)    Media Cetak
e)    Media Elektronik
f)     Tempat Umum

3.    Apa yang anda ketahui tentang hak guna paten (franchising) serta keuntungan dan kelemahannya?
Jawab:
·         Hak Guna Paten (franchising) adalah persetujuan dimana perusahaan atau distributor tunggal dari produk yang mempunyai merek dagang memberikan hak eksklusif kepada perusahaan, distributor atau pengecer independen dengan imbalan pembayaran royalti dan menyesuaikan diri degan prosedur operasi standar

·         Keuntungan:
a)    Wirausahawan tidak perlu pusing dengan hal yang berkaitan memulai usaha baru karena pemberi hak guna paten akan memberikan rencana operasi bisnis dengan arah yang jelas.
b)    Percepatan perluasan usaha dengan modal yang relatif rendah
c)    Pihak franchisor memiliki akses pada permodalan dan berbagi biaya dengan franchisee dengan resiko yang relatif lebih rendah.
d)    Pihak franchisee mendapat kesempatan untuk memasuki sebuah bisnis dengan cara cepat dan biaya lebih rendah dengan produk atau jasa yang telah teruji dan terbukti kredibilitas mereknya.
e)    Franchisee secara berkala menerima bantuan manajerial dalam hal pemilihan lokasi bisnis, desain fasilitas, prosedur operasi, pembelian, dan pemasaran.
f)     Efisiensi dalam meraih target pasar melalui promosi bersama
g)    Terbentuknya kekuatan ekonomi dalam jaringan distribusi
h)   Menggantikan kebutuhan personel Franchisor dengan para operator milik Franchisee (slim organization)
i)     Pemilik outlet bermotivasi tinggi karena menyangkut pengembalian investasi dan keuntungan usaha

·         Kelemahan:
a)    Perlu perubahan paradigma (paradigma shift) atas materi yang dijual
b)    Untuk membentuk sistem yang baku, perlu adanya proses yang lebih birokratis
c)    Sistem franchise tidak memberikan kebebasan penuh kepada franchisee karena franchisee terikat perjanjian dan harus mengikuti sistem dan metode yang telah dibuat oleh franchisor.
d)    Sistem franchise bukan jaminan akan keberhasilan menggunakan merek terkenal bila tidak diimbangi dengan kecermatan dan kehati-hatian franchisee dalam memilih usaha dan mempunyai komitmen dan harus bekerja keras serta tekun.
e)    Franchisee harus bisa bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik dalam hubungannya dengan franchisor.
f)     Tidak semua janji franchisor diterima oleh franchisee.
g)    Masih adanya ketidakamanan dalam suatu franchise karena franchisor dapat memutuskan atau tidak memperbaharui perjanjian.
h)   Kedudukan dalam perjanjian dimana franchisee/cabang seakan lebih rendah posisinya.
i)     Saling ketergantungan